Senin, 21 Oktober 2013

CERITA MOTIVASI ISLAMI : Kisah Umar Bin Khattab R.A


”Orang-orang yang penyayang, disayangi oleh Yang Maha Penyayang, sayangilah yang dibumi, maka yg dilangit akan menyayangimu." (H.R. Tirmidzi, Ath-Thabrani dan Al Hakim)

Kemarin sore saat sedang bersantai dan melihat indahnya langit yang dipenuhi oleh burung-burung yang beterbangan kesana-kemari, jadi teringat sebuah kitab Usfuruddin, dimana pada salah satu babnya meriwayatkan bahwa Sayyidina Umar Bin Khattab R.A, memiliki sebuah rutinitas keseharian berkeliling ke pelosok-pelosok negeri yang di pimpinnya untuk mengecek, adakah kekacauan? Adakah masalah? Sudahkah rakyatnya memperoleh kesejahteraan dan keadilan? Sungguh mulia memang gaya kepemimpinan beliau yang sepatutnya bisa menjadi suri tauladan bagi para pemimpin negeri ini.

Hingga suatu saat diriwayatkan, sampailah beliau melihat seorang anak laki-laki yang sedang menggenggam dan memainkan burung "usfur" yaitu sejenis burung pipit. Karena beliau merasa kasihan terhadap burung itu, beliau pun membeli burung tersebut dari anak laki-laki itu, dan kemudian melepaskannya ke alam bebas.

Ketika Sayyida Umar sudah meninggal, ada Sahabat-sahabat yang bermimpi bertemu dengan beliau, dan sahabatpun bertanya “Apa yg dilakukan Allah padamu? Jawab Umar “Allah memaafkanku dan mengampuni semua dosaku”, kemudian sahabat bertanya “Karena apa? Kedermawananmu?, keadilanmu, atau karena kezuhudanmu?”, Umar menjawab “ Tidak, bukan karena itu, ketika kalian menaruh jasadku di kubur, dan meninggalkanku.

Kemudian datanglah 2 malaikat, munkar dan nakir, kemudian aku terasa hilang akal, sendi-sendi jadi gemetar (karena takut), kemudian mereka (2 malaikat) mendudukkanku, dan hendak bertanya. Tiba-tiba terdengar suara tanpa rupa “tinggalkan hamba-Ku dan jangan takuti dia, karena Kami telah mengasihi dia, dan mengampuni dia karena kasih sayangnya kepada burung “usfur” ketika di dunia, maka Kami mengasihinya di akhirat.”

Subhanallah, kepedulian terhadap seekor burung saja bisa menghantarkan kemuliaan yg luar biasa, apalagi kepedulian terhadap para kekasih Allah (anak-anak yatim piatu & dhu'afa), insya Allah akan lebih mengundang kasih sayang-Nya yg lebih luar biasa.

Semoga kita semua senantiasa Allah jadikan sebagai hamba-hamba-Nya yang memiliki rasa kasih dan sayang terhadap sesama, yang kelak menghantarkan kita menjadi layak untuk mendapatkan kasih dan sayang-Nya.
Aamiin Allahuma Aamiin.


Ya ALLAH...
✔ Muliakanlah orang yang membaca dan me "LIKE" dan men "SHARE" tulisan ini.
✔ Entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid.
✔ Lapangkanlah hatinya.
✔ Bahagiakanlah keluarganya.
✔ Luaskan rezekinya seluas lautan.
✔ Mudahkan segala urusannya.
✔ Kabulkan do'a hajat dan cita-citanya.
✔ Jauhkan dari segala Musibah.
✔ Jauhkan dari segala Penyakit,Fitnah,Prasangka Keji,Berkata Kasar dan Mungkar.

Aamiin Allahuma Aamiin...


Sedekah Peduli Yatim dan Dhu'afa, Yuk berbagi melalui ISTANA YATIM,

Rek. Zakat, Infaq & Sedekah :
BCA   : 8800-454-744
BNI    : 021-763-7466
BRI    : 0524-01-006026-50-7
MANDIRI : 101-00-0608805-6
CIMB NIAGA Syariah: 528.01.000.59.009
a/n : Yayasan Darul Ilmi Al Fikri

Rek. Wakaf ISTANA Yatim :
MUAMALAT : 0000-257-859
MANDIRI     : 164-00-0017431-0
BCA            : 8800-50000-2  
a/n : Yayasan Darul Ilmi Al Fikri

VISIT US AT:

Facebook : www.istanayatim.com/istanayatim
Twitter : @istanayatim, @MikaMaulana

SEKRETARIAT ISTANA YATIM Yayasan Darul Ilmi Al Fikri 
Lembaga Dakwah Yatim Piatu & Dhu'afa Jl. Cirendeu Raya No.17E Rt.01/06, Cirendeu,Ciputat Timur Tangerang Selatan 15419, Telp . 021 971-00622, Fax. 021 744-3503, Email : istanayatim.ydia@gmail.com
Website : www.alfikriindonesia.com, www.istanayatim.com

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih sudah berkunjung ke alfikriindonesia.com
Al-Fikri Indonesia --->> Bersama Umat..Peduli dan Berbagi